Keriaan Talkshow #PenjelajahCerdas

whatsapp-image-2017-01-08-at-13-52-43photo ny : @oohkawaii

Suasana Kedai Pendaki, Sabtu malam (7/1) terasa berbeda dari malam minggu-malam minggu sebelumnya. Puluhan pengunjung harus rela berdiri dan duduk-duduk di area luar kedai. Malam ini, sebuah acara tengah dihelat. Talk Show Diskusi Kopdar Pecinta Alam dengan tagar Penjelajah Cerdas. Tidak tanggung-tanggung, ada empat nara sumber yang akan berbagi dengan pengunjung kedai. Don Hasman, seorang penjelajah dan photographer senior Indonesia. Tyo yang presenter televisi petulangan, Harley Bayu Sastha seorang penulis buku dan penjelajah taman nasional Indonesia, serta Iwan Sunter seorang pesepeda penjelajah.

Sesi pertama dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan menonton film expedisi gunung Leuser di Aceh, oleh Harley. Dalam perjalanan hampir dua puluh hari itu, Harley dan beberapa tim harus bersusah payah untuk bisa melaksanakan tugas mereka masing-masing. Penyebrangan sungai-sungai yang berarus deras, pohon-phon yang rendah sehingga harus merangkak, hingga kepada hujan yang hampir setiap saat turun. Video ini, termasuk spesial, karena tidak bisa disebarkan bebas. Jadi, beruntunglah pada penjelajah cerdas yang datang.

whatsapp-image-2017-01-08-at-13-52-49

Tyo yang hadir di sessi kedua setelah break magrib, menceritakan juga pengalamannya pada saat mendaki ke Leuser, dan beberapa petualangan lain hingga ke Aconcaqua. Menurut Tyo, menjadi penjelajah cerdas itu, tidak terlalu sulit. ” Cobalah untuk mempelajari tempat tujuan yang akan didatangi, makin kenal makin baik,” ujarnya. Hal serupa diungkap kan Harley. “Tau kemampuan diri juga perlu,’imbuhnya.

Pesepeda penjelajah, Iwan Sunter, mengisi sessi berikutnya. Beberapa photo penjelajahan Iwan ditampilkan di layar dan menimbulkan decak kagum para penjelajah yang hadir malam itu. Perjalanannya mengelilingi Borneo melintasi tiga negara, merupakan hal yang luar biasa. “Makannya ya kadang diwarung, kadang masak mie instan, atau apa saja yang bisa dimakan,” ujarnya ketika ditanya, apa yang dikonsumsi ketika melakukan perjalanan yang jauh tersebut. Iwan, juga pernah bersepeda dari Ho Chi Min di Vietnam hingga ke Jakarta. Cerita lengkap perjalanannya bisa di simak di blog pribadi Iwan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan persembahan photo-photo yang menginspirasi oleh Don Hasman (77). Diusianya yang lanjut, tidak menyurutkan om Don, demikian beliau kerap disapa, untuk tetap berpetualang. Dari perjalanan pendakian gunung, hingga kepada perjalanan spiritual dari Prancis ke Spanyol sepanjang lebih dari 1000KM. “Menjadi petualang cerdas itu mudah, tapi yang tidak kalah penting adalah menjadi penjelajah yang jujur dan mau berbagi,” ujarnya menutup sessi malam itu.

whatsapp-image-2017-01-05-at-08-54-52-3

Acara yang digagas sekelompok anak muda dibawah bendera CT Organizer itu, menurut Saeful Hanan, ketua penyelenggara akan diadakan berkala. Mengingat animo yang begitu besar. Jadi belum sempat hadir, bisa tunggu sessi selanjutnya yah. Tetap menjadi #penjelajahcerdas tetap mencintai Indonesia.[ibm/0117]

photo by : Hari Supriyanto, @oohkawaii

beberapa berita terkait

Outdoor Cafe

Tatar Sunda dot Com

Kedai pena dot com

 

Advertisements

2 thoughts on “Keriaan Talkshow #PenjelajahCerdas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: