PacaRun, Konsep Unik yang Semerawut

20160315230342

Hari minggu pagi, 13 Maret 2015, suasana GOR Pajajaran Bogor, nampak lebih ramai dari biasanya. Ratusan orang, sudah berkumpul pagi-pagi buta untuk melaksanakan fun run, atau lari senang-senang yang di adakan oleh sebuah EO di Bogor dengan disponsori oleh produsen otomotif besar, Honda. Namanya, PacaRun. Peserta yang mendaftar, akan dikelompokkan sesuai dengan status yang dipilih pendaftar, seperti Single, Taken, atau Complicated.

Lucu juga, pikir saya. Dengan uang pendaftaran 100.000 rupiah, peserta akan mendapatkan kaos untuk lari, yang dibagikan ketika mengambil race pack, handuk kecil, air minum, dan buah pisang, yang akan dibagikan pada waktu pelaksanaan. Akhirnya, saya memutuskan mendaftar dengan beberapa kawan dan istri saya.

20160315231734

Pendaftaran online, beberapa kali bermasalah, karena alamat url yang diberikan tidak bisa diakses. Baru setelah beberapa kali dalam beberapa hari mencoba, akhirnya saya dan istri saya, berhasil mendaftar. Kami mendapatkan email, nomor registrasi pendaftaran dengan segala isian form standard seperti biasa. Termasuk ukuran kaos untuk saya, S. Proses selanjutnya, adalah pembayaran. Pembayaran yang dilakukan bisa  melalui transfer bank, dan kemudian dikonfirmasi via email ke panitia. Sesudahnya, email notifikasi muncul, bahwa kami sudah membayar. Ini belum semerawut. Masih dalam konteks yang wajar.

Kemudian, tak ada informasi apapun yang kami terima. Informasi pengambilan race pack tak pernah muncul. Saya sudah menelepon berkali-kali, namun jawabnya selalu, “belum pak, nanti kami informasikan”. Satu minggu menjelang acara, saya telepon kembali untuk menanyakan kapan dan dimana harus mengambil race pack. Baru kemudian, ada SMS blast, bahwa pengambilannya dilakukan di GOR Pajajaran Bogor, dari Jumat-Sabtu, tanggal 11 dan 12 Maret. Dan untuk yang luar kota, bisa mengambil pada hari minggu, 13 Maret, sebelum pelaksanaan fun run. Jam 5 pagi. Karena, lomba akan dilaksanakan pada jam 6 pagi.

” Kaosnya pake yang M aja ya pak, yang S nya nggak ada!” kata si mbak yang mengurus pengambilan race pack saya. Saya protes, buat apa repot-repot ngisi ukuran kaos kalo ternyata harus dapat yang lain. Pada hari H malah lebih kacau, karena kaos semuanya satu ukuran. Dan karena saya berkeras, akhirnya dibongkarlah tumpukan kaos itu dan ketemulah S warna merah, Taken, sesuai dengan yang saya daftarkan.

20160315231732

Minggu pagi, ketika kami sampai di TKP, jam 5:25 peserta sudah berdatangan. Namun, booth-booth milik panitia masih kosong. Pengambilan race pack untuk yang diluar kota, belum lagi dilakukan. Panitia, masih sibuk mondar-mandir dan menata-nata. Beberapa peserta, datang dari jam 5, atau kurang. Hampir jam 6 pagi, booth pengambilan race pack dibuka. Antrian panjang terjadi. Dan, tentu saja, acara lari jadi ngaret alias molor dari yang dijadwalkan pukul 6.

Setelah pengambilan administrasi selesai, tiba-tiba panggung beraksi. Dua MC teriak-teriak mengumpulkan peserta yang sudah dari tadi menunggu. Ada perkenalan dengan bintang tamu. Ada pemanasan. Ada sambutan. Matahari sudah tinggi. Ada beberapa panitia yang mendatangi saya untuk ikut senam bersama, pemanasan, tapi rasanya sudah terlalu siang untuk itu.

Jam 7:17, baru lari dimulai. Jalanan, sudah ramai dengan kendaraan. Apalagi, rute yang dipilih melewati rute wisata di sepanjang Kebun Raya Bogor. Ini jelas saja membuat peserta harus berjibaku dengan kerumunan orang-orang dan angkot-angkot yang banyak. Seorang  kawan peserta, mengaku kehilangan mood untuk lari karena berkali-kali di klakson dan terserempet angkot. Sementara pengamanan dan petugas panitia di lapangan juga sedikit sekali jumlahnya.

20160315230328 (3)

Mungkin, ini adalah acara lari yang paling semerawut yang pernah saya ikuti. Panitia kelihatan sangat tidak siap. Maaf, tidak profesional dalam mengelola event. Dari informasi yang kurang jelas, lambatnya info pengambilan racepack, kaos yang nyaris tidak sama ukurannya, acara lari yang molor lebih dari satu jam, serta yang paling penting pengamanan lapangan yang minim.Semoga Honda, sebagai sponsor, bisa tahu dan mendapatkan laporan yang sesuai. [ibm0316]

Advertisements
Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: