Eat, Sleep and Traveling Malang – Part 1

malang-1

Makan-Makan di Kota Apel

Punya waktu singkat mengunjungi Malang? Jangan kuatir. Ada seabrek aktifitas yang bisa dilakukan dalam perjalan singkat di kota apel yang sejuk ini. Dari mengunjungi museum yang canggih, theme park yang keren, sampai dengan kebun binatang yang di konsep modern. Ada lagi nih, karena Malang merupakan dataran yang dikelilingi oleh pegunungan, mestilah harus mencoba juga wisata alam yang ada di sini.

Pagi-pagi sebelum subuh, kami, saya dan istri sudah duduk setengah ngantuk di ruang tunggu pesawat Air Asia, menuju Surabaya. Sabtu pagi itu, suasana terminal I bandara internasional Sukarno Hatta di Cengkareng tidak terlalu ramai. Sepi malah, kalau dalam istilah saya. Tidak ada antrian di check in counter, maupun di gerbang penjagaan dengan x ray. Ruang tunggu, temaram. Beberapa penumpang sibuk dengan handphone dan tablet nya. Sementara penumpang lain, menonton pertandingan sepak bola yang ditayangkan televisi di sudut ruang tunggu. Yang mengantuk, memilih pojok dan tidur, sambil sesekali memicingkan mata, dan kuping yang terjaga menunggu informasi dari petugas maskapai.

Belum genap jam 6 pagi, kami sudah berpindah ke Surabaya. Menyelesaikan sholat subuh, dan kami menuju bus Damri tiga perempat, yang akan mengantar kami ke terminal Bungur Asih. Dari sana, kami naik bus antar kota untuk menuju Malang.

Dari jauh, gunung-gunung memagari kota yang sejuk ini. Ada Panderman yang molek, Arjuno dan Welirang yang hari itu, luar bisa jelas terlihat karena cuaca yang sungguh luar biasa bersahabat. Di tempat yang sudah ditentukan, Tante dan dua sepupu, menjemput kami untuk makan sarapan yang agak telat, pun makan siang yang terlalu dini.

Ada beberapa tempat yang akan kami kunjungi, setalah kami menyelesaikan segala urusan di Malang. Jadi, simak yah..

Rawon, Eskrim, dan Café Tempo Doeloe

Sudah pernah makan rawon Rampal? Duh, sebagai seorang yang belum lama makan daging, saya keteteran juga untuk makan di Malang. Karena menu andalannya rata-rata berbahan dasar daging dan sejenisnya. Namun, tentu saja tidak salah kalau mencoba.

tumblr_nlkerht5it1r082y0o1_1280

Lokasi Rawon Rampal tempat kami makan ini, ada di perempatan jalan. Hari itu, beberapa mobil mewah rapat berjejer diparkiran mereka yang kecil. Beberapa malah parker dipinggir jalan dan di halaman sebuah bank swasta didekatnya, karena penuh. Warung ini, sebenarnya tidak terlalu besar memang. Namun, jangan salah, ini adalah tempat nongkron mantan presiden Republik Indonesia, SBY. Di dinding ruang makan utama beberapa photo kru beserta orang nomor satu Indonesia pada jamannya itu, dipajang dengan bangga. Belum lagi, mereka diboyong berkali kali ke Istana, untuk menyajikan makanan rawon ini kepada presiden.

Mungkin itu pula yang menjadikan tempat ini, tidak pernah sepi pengunjung. Menu yang ditawarkan bermacam-macam. Rawon, soto, lengkap dengan cemilan lain. Ada jeroan yang di sajikan sebagai pelengkap, ada tempe dan beberapa makanan lain juga.

Ruangan dalam rumah makan ini, memang minim pendingin. Jadi, jangan heran kalau yang makan pasti nggrobyos alias banjir keringat. Bukan Cuma karena panas, tapi makanan yang dihidangkan hangat, juga menambah suasana semakin panas. Jadi, cobalah merasakan makanan special ala presiden di Rawon Rampal.

Puas dengan rawon, ada satu tempat nongkrong lain yang tidak kalah serunya. Dekorasi nya, merupakan perpaduan antara dekorasi klasik dan modern. Beberapa kursi klasik, dengan ornament lampu-lampu gantung yang remang, lemari-lemari besar yang ditaruh menempel pada dinding, serta lantai yang bercorak ubin tempo dulu. Meja-meja bulat khas, dan poster-poster film jadul, ikut mempercantik tempat ini.

27_big

Namanya, Und Corner, di jalan Besar Ijen. Lokasinya yang persis dipinggir jalan, membuat tempat ini gampang untuk di capai. Untuk urusan makanan, mereka juga punya banyak menu. Saya mencoba, nasi tim ayam. Hmm, enak juga.

Di Und, mereka juga punya pie apel yang enak. Juga ada apel studle yang rasanya gurih. Bisa di beli per slice atau langsung satu buah.

Kami diajak untuk mengunjungi sebuah gerai eskrim di Malang. Dengan sepeda motor, kami membonceng dua sepupu kami, membelah jalanan kota Malang yang hari ini, lumayan sibuk. Mungkin karena hari  Minggu. Jadi jalanan agak sedikit ramai. Kedai eskrim ini, memang baru, kata  Adit, sepupu kami. Lokasinya, ada di sebuah ruko dikawasan yang padat juga.

Menu yang dijual adalah beberapa varian eskrim buatan sendiri. Beberapa cemilan khas anak muda, seperti kentang goreng dan lainnya juga menjadi menu andalan. Sebenernya, eskrim nya tidak terlalu istimewa kalau menurut saya. Namun, siang-siang makan yang seger-seger boleh juga. [bmkr/0116]

foto source : google

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: