Generasi Kemping Anak “Alay”

IMG_8787

“Jangan posting ke sosial media semua tempat yang bagus, ntar rusak sama anak alay”.

Iya, begitu sering kali saya dengar orang-orang nyinyir, di sosial media. Lantaran, banyak nya kaum muda yang mulai mengekspresikan diri dengan menyebut diri sebagai penjelajah. Traveler, hiker, backpacker, atau apa lagi itu nama-namanya dalam bahasa inggris.

Lihatlah, begitu banyak photo-photo yang dihasilkan ditempat-tempat bagus di Indonesia yang di unggah ke segala sosial media. Sebenarnya sih, ya nggak apa-apa juga, menurut saya. Asal saja, mereka juga punya empati untuk bisa sama-sama menjaga tempat tersebut tetap baik dan indah. Namun, kenyataan nya ternyata berbeda.

DSC_0009

Beberapa hal yang sering membuat anak-anak muda itu di hujat, Vandalisme. Ahh… dimana-mana di Indonesia, hampir pasti bisa kita temukan bentuk Vandalisme oleh anak-anak muda, yang mengaku adalah penjelajah. Yang paling umum, adalah stiker komunitas. Di warung-warung kaki gunung, tumpuk menumpuk di kaca jendela atau bahkan hingga ke kamar mandi, bisa ditemui stiker-stiker bertuliskan nama komunitas tertentu. Dari yang mengaku Mapala hingga komunitas motor. Belum lagi, tulisan-tulisan. Ini menjadi tidak terkendali. Bangku taman, pohonan, bebatuan, papan penunjuk arah di lokasi wisata, tidak luput dari tulisan-tulisan.

DSC_0008

Kertas-kertas Ucapan, yang kemudian ditinggalkan. Wah, ini sampah jenis baru. Tulisan tertentu dibawa dari rumah, dalam selembar kertas, kemudian di photo bersama dirinya. Kemudian, di tinggalkan. Isi tulisannya yang umum misalnya, “dapet salam dari Cikuray, jangan maen ke mall mulu” … Atau, ” Di tunggu di sini yah, taun depan”.. atau banyak lagi. Dari yang bernada ngeledek semacam itu, sampai yang bernada nyinyir.

DSC_0001

Lokasi-lokasi apapun, sekarang bukan tempat yang sulit untuk di jangkau. Makin jauh dan ekstrim, prestise nya makin tinggi. Nah, parahnya, mereka biasanya tidak dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang beraktifitas dialam bebas. Makanya, kita sering dengar kecelakaan dibeberapa lokasi. Ada yang jatuh ke jurang, atau meninggal kedinginan.

DSC_0333

Semua lokasi penuh. Dan efeknya, rusak oleh kepadatan dan sampah. Sayang sekali bukan? [Ibm1509]

Advertisements
Tagged , ,

2 thoughts on “Generasi Kemping Anak “Alay”

  1. winnymarch says:

    kebiasaann buruk pak kalau sudah sampah tu d tempt wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: