Dilarang Motret di Ulen Sentalu

IMG_20150602_122628

Jangan motret di Ulen Sentalu! Sebuah musium kebudayaan Jawa yang tersohor namanya  hingga ke manca negara. Berbagai artefak, patung-patung asli dan replika, lukisan-lukisan asli, photo-photo sejarah kerajaan Mataram hingga ke abad 21 sekarang, terpajang apik dan membawa kita menelusur, masuk ke dalam kehidupan istana keraton yang agung dan bersahaja. Memotret  hanya diperkenankan dibeberapa area saja.

IMG_20150602_121429
Memasuki ruang-ruang di Ulen Sentalu, pengunjung dibawa ke dimensi lain hiruk-pikuk Jogjakarta. Komplek musium yang dibangun di daerah dataran tinggi Kali Urang, membuat udara disini terasa sejuk. Belum lagi, rimbunnya pepohonan yang menaungi bangunan-bangunan ruang pamer yang sambung-menyambung, bercerita dari satu bagian ke bagian lain namun tetap merupakan rangkaian yang unik.

IMG_20150602_122913

Begitu melintasi gerbang, jalanan setapak mengantarkan pengunjung menuju sebuah bangunan yang dibuat dengan atap rendah. Filosopi penghormatan terhadap raja-raja mataram. Kemudian, lorong ini membawa kita ke ruangan pamer pertama, dengan patung-patung dan gemelan pusaka, serta beberapa lukisan yang menceritakan tentang kahidupan para penghuni istana. Lorong selanjutnya membawa pengunjung kepada lukisan-lukisan lain, tentang sejarah kerajaan dan kehidupan sehari-hari para raja dan keluarga istana.

IMG_20150602_115955

Beberapa ruangan yang terdapat di Ulen Sentalu, antara lain Guwa Sela Giri Ruang Syair yang berisi puisi-puisi, surat-surat dan tulisan Putri Tineke yang sedang patah hati. Ruang Ratu Mas, kemudian Ruang Batik yang memamerkan berbagai kain batik khas Jogjakarta dan Solo.

Ruang Putri Dambaan, merupakan ruang khusus yang di buat dan diresmikan sendiri oleh Putri Nurul, putri tunggal Mangkunegara VII.

IMG_20150602_110515

Koridor Retja Landa memaerkan beberapa arca asli dan replika dari Ganesha, Dewi Sri, dan beberapa yang lain. Ruang terakhir yang akan dimasuki adalah ruang Sekar Bawana, yang memamerkan lukisan tari-tarian yang elok.

Koleksi-koleksi yang terdapat di Ulen Sentalu, membuka wawasan kita tentang kehidupan keluarga istana dan segala pernak-pernik didalamnya. Ada minuman yang resepnya diciptakan oleh putri keraton dan dibagikan ditengah-tengah tour, yang konon jika diminum akan membuat awet muda. Rasanya, perpaduan antara gula jawa, dan jahe serta beberapa bahan lain. Mirip dengan bandrek di Jawa Barat.

IMG_20150602_122550

Di komplek ini, terdapat pula kios penjual souvenir dan restoran ala eropa dibagian akhir gedung. Setelah puas menjadi bagian dari sejarah keraton, tak ada salahnya makan ala pembesar, bukan?[IBM0515]

Advertisements
Tagged , , , , , ,

2 thoughts on “Dilarang Motret di Ulen Sentalu

  1. winnymarch says:

    tempatnya asri yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: