Air Terjun Sri Gethuk, Green Canyon Ala Gunung Kidul

DSC_0334 copy

Sebuah air terjun, di ngarai Sunyai Oya, Gunung Kidul, menjadi tempat populer yang mahsyur keindahannya belakangan ini. Namanya, Air Terjun Sri Gethuk. Kawasan yang dikelilingi pesawahan yang asri ini, menawarkan pemandangan alam yang cantik. 

Masuk ke kawasan Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung akan memasuki kawasan hutan jati milik Perhutani. Dari jalanan mulus beraspal, hingga yang penuh bebatuan besar. Dari pintu gerbang, sebenarnya ada satu tempat menarik lain untuk dikunjungi. Namanya, Goa Parang kencono. Tapi, di lain tulisan kita bahas yah…

DSC_0321 copy

Ada dua cara untuk sampai ke Air Terjun Sri Gethuk. Pertama, bisa berjalan kaki menyusuri jalan setapak, yang sudah disiapkan oleh pengelola. Jaraknya, tidak terlalu jauh, hanya kurang dari dua kilometer. Bisa ditempuh dalam 30 menit berjalan kaki. Dari sini, pemandangan sungai Oya yang cantik, bisa kita saksikan dibawah sana. Kedua, bisa dengan naik perahu antar, yang memang sudah tersedia disana. Pengunjung, harus membayar Rp.10.000,- untuk trip bolak balik. Saya memilih yang kedua.

DSC_0360 copy

Sore itu, Kali Oya, tenang membiru dari pandangan mata. Warnanya, sedikit pekat, karena bayangan tebing-tebing tinggi dikanan kirinya. Sungai yang tidak terlalu besar ini, menyimpan daya tarik yang besar. Dinding-dindingnya dipenuhi tumbuhan yang rimbun. Sementara, beberapa perahu hilir mudik mengantarkan penumpang.

DSC_0351 copy

Hanya kurang dari sepuluh menit, sebuah air terjun nampak tumpah ruah dengan kolam yang besar dibawahnya. Beberapa remaja, meloncat dari dinding sungai Oya yang tingginya hampir lima meter. Tentu saja, pengelola mengahruskan mereka menggunakan jaket pelindung. Dengan menyewa Rp.5000/buah. Jika tak mau meloncat, menikmati gemericik air terjun yang indah inipun, bisa jadi alternatif.

DSC_0336 copy

Sttt… coba tengok sedikit ke air terjunya. Jika sinar matahari pas menyinari, ada bias pelangi diantara percikan airnya. Semoga beruntung.. [ibm-2415]

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: