Ada Hiu Di TPI Kalianda

WP_20140201_023 copy

Menyusuri garis pantai Lampung Selatan, kita akan dibuai dengan pemandangan yang elok. Jalanan di pesisir Kalianda, sebuah kecamatan di Kabupaten di Lampung Selatan memang tidak pernah ramai. Kendaraan yang hilir mudik, bisa dihitung dengan jari. Menjadikan, tempat ini bebas polusi dan cenderung tenang.

6tag_020214-164600

Kalianda, telah mahsyur sebagai sebuah destinasi wisata di Lampung. Beberapa pantai yang ada disana, memang menjadi primadona. Sebut saja, pantai Batu Kapal, Pantai Canti, Pantai Batok dan Pantai Wartawan. Laut yang berombak tidak terlalu kencang, dihiasi bebatuan besar dan kecil hingga pasir putih halus nan lembut, membentuk lanskap yang elok dan menggoda. Coba datang dan saksikan panorama matahari tenggalam dari dermaga Canti. Dan rasakan sendiri bagaimana indahnya. Dermaga Canti, populer karena merupakan titik awal dari pemberangkatan wisatawan ke Kepulauan Sebesi dan Krakatau, selain dari Anyer di tanah Jawa.

WP_20140201_025 copyWP_20140201_024 copy

Tak berapa jauh dari dermaga, Tempat Pelelangan Ikan Canti ramai didatangi nelayan yang baru pulang melaut. Aneka ikan dijual disana. Suara sang pelelang, berteriak-teriak nyaring melalui pengeras suara. Tumpukan-tumpukan ikan, basah disiram berkali-kali. Sementara para tengkulak dan pedagang, berebut membeli ikan-ikan segar yang baru saja dibawa dari laut.

Mata saya, terpaku kepada seekor ikan mati di lantai. Astaga, itu Hiu. Kemudian, ada pula ikan Pari dan seekor anak hiu lagi dalam ember.

6tag_010214-181021 copy

Hiu dan Manta, merupakan dua hewan laut yang dilindungi. Entah disengaja atau tidak, kedua hewan ini sampai di Pelelangan Ikan Canti, sore itu.

Camera360_2014_2_1_032931_jpg copy

Perahu-perahu nelayan, berjajar rapi sebentuk dengan garis beton yang sudah dibuat rapi. Matahari, terik membakar dari sebelah barat. Tak jauh dari TPI Canti, sebuah tulisan besar “Kuliner Kalianda” berwarna gelap, megah dibangun. Pemerintah Lampung, nampaknya cukup jeli untuk menarik perhatian para pelancong. Meski ketika kami sampai, tak ada yang istimewa tersaji disana. Beberapa warung malah tak menampakkan kegiatan apapun. Mungkin kami terlalu dini datang. Namun, hingga kami berangkat pulang menjelang magrib, tak ada aktifitas yang berarti di pusat kuliner itu. [ibm0215]   Camera360_2014_2_1_033131_jpg copy

Advertisements
Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: