Dalam Naungan Dewa Murugan Batu Caves

DSC_0307

Jika melancong ke Malaysia, Batu Caves, bisa kita masukan dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Kenapa harus. Tempat ini gratis. Jadi pengunjung tidak dipungut retribusi apapun. Dan silahkan menikmati tempat ini sepuasnya.

DSC_0296 DSC_0308

Sebenarnya, Batu Caves, merupakan kuil Hindu lengkap dengan semua pernak perniknya. Namun, yang membuat tempat ini menjadi menarik adalah, anak tangga yang menulang tinggi keatas, hingga ke mulut goa. Di halaman depan, kita bisa melihat patung berwana hijau menyerupai monyet. Di kuil ini, memang banyak sekali monyet-monyet liar berkeliaran. Monyet-monyet ini, sering usil mengambil makanan, atau barang bawaan pengunjung. Jadi, jika berkunjung ke Batu Caves, pastikan tas selempang, kacamata, topi, kamera dan benda yang bergelantungan dibadan, sudah aman tersimpan. Salah-salah, bisa saja di jambret oleh monyet-monyet lincah dan membawanya ke tebing-tebing goa atau pepohonan.

DSC_0282 DSC_0294

Prilaku monyet-monyet disini, memang sering mengganggu. Namun, keberadaan mereka merupakan bagian tidak terpisah dari kuil Hindu di Batu Caves.

Masuk kedalam, sebuah patung emas raksasa berdiri megah membelakangi anak tangga warna-warni menuju ke mulut goa. Patung Dewa Murugan setinggi 140 kaki atau setara dengan 42,7m meter ini, konon merupakan patung dewa murugan tertinggi di dunia. Patung ini sendiri, dibuat dengan menghabiskan dana sekitar 24 juta Rupee atau setara dengan 4.9 miliar rupiah. Terdiri dari 1550 meter kubik beton, 250 ton batangan baja, dan 300 liter cat emas yang didatangkan dari Thailand.

DSC_0321

Batu Caves berada pada ketinggian 100 meter dari tanah. Untuk mencapainya, pengunjung harus mendaki anak tangga yang berjumlah 272 buah. Nah, monyet-monyet nya sendiri, banyak berkeliaran disekitar tangga ini. Jadi memang harus hati-hati.

Di dalam, ada beberapa kuil yang hingga detik ini, masih digunakan secara aktif. Di bagian ujung terdalam, sebuah kuil lagi, dipisahkan dengan anak tangga yang tingginya sekitar 2 meter saja. Cahaya matahari, bisa masuk dari lubang goa vertikal yang menganga luas.

DSC_0327 DSC_0331

Untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa menggunakan kereta komuter rute port klang dari KL Sentral. Ongkosnya, 2RM untuk sekali jalan. Bisa juga dengan bus U6 dari Titiwangsa atau Puduraya dengan bus 11/11d,

DSC_0329

Jadi, meski memakan fisik dan cukup melelahkan, Batu Caves sangat recomended untuk disambangi. [Ibm-30115]

Advertisements
Tagged , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: