Tiga Sahabat, Tiga Cerita

RIP Dunia, mempertemukan masing-masing individu secara tidak terencana. Namun tentu saja, bukan kebetulan semata. Tidak terencana, artinya bisa saja kita tak pernah menyangka akan bertemu dengan siapa dan akan kemana arah pertemuan itu. Dan bukan kebetulan, karena jauh-jauh hari, Tuhan pasti telah merencanakan hal itu. Memberi dampak dari pertemuan yang terjadi, langsung atau tidak langsung. Membawa petualangan baru yang mendewasakan, belajar dari kehidupan, kemudian menentukan diri kemana akan mengarahkannya.

Gunung, mempertemukan saya dan ketiga orang sahabat dalam judul tulisan ini. Mereka mendahului saya, kami, sebagai teman-temannya yang mencintai mereka dengan sangat. Takdir, mempertemukan kami, kemudian dengan sangat cepat memisahkan. Cepat, karena terasa masih kemarin kami bertemu, kemudian hilang, sekarang dari dunia. Seorang pria keturunan, beranak dua, dan berbudi bahasa yang santun dengan kejawaannya yang kental. Bercerita ia tentang keinginannya untuk menggeluti olahraga mendaki gunung. Kecintaannya kepada alam, hutan belantara, mempertemukan kami pada hari-hari panjang berisi petualangan yang seru. Menjelajah hutan hujan gunung Salak dengan lumpur dan pacet nya yang ganas, berjemur di teriknya matahari alun-alun Suryakencana yang sedetik lalu masih gerimis dan berkabut. Hingga, malam-malam buta berkendara dari Jakarta ke Cianjur, karena keinginan beliau melihat langsung Situs Gunung Padang yang terkenal itu. Hingga ke sebuah stasiun lama peninggalan kolonial Belanda, Lampegan, yang cantik.

Satunya, adalah seorang pria yang pendiam. Mungkin kami tidak terlalu akrab, namun, dibalik segala kehebatannya sebagai peneliti senior LIPI, ada jiwa rendah hati yang selalu dia bawa kemana-mana. Singkat betul pertemuan kami. Di kaki gunung salak yang asri dan dingin, kami berbagi makanan dan cerita. Aku yang muda, belajar dari semua kehebatan beliau. Yang terakhir, ada di tulisan sebelum judul ini masuk.. Selamat jalan sahabat. Petulangan dunia kalian sudah lagi selesai. Istirahatlah. Kalian kekal dan tidak tergantikan.. [ibm/19115]

Advertisements
Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: