How Traveling Effect Me In Daily Life .. (2)

1813516148461

Pura Taman Ayun – Bali

Perjalanan membawa saya kepada pertemuan-pertemuan tidak terduga. Dengan banyak orang dari latar belakang pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya. Semuanya beragam. Membawa kekhasan mereka masing-masing.

1450765159913

Patung Orang Mati – Toraja -Sulawesi Selatan

Suatu sore, di kaki Gunung Sumbing, di Wonosobo, saya sempat dibuat terperanjat oleh perlakuan satu keluarga yang begitu ramah. Saya yang baru turun gunung, mampir ke sebuah warung yang masih buka. Memesan segelas teh manis, dan makan beberapa gorengan. Namun, nasib baik nampaknya sedang menaungi saya.

1450781320317

Alih-alih membayar untuk yang saya makan, sang empuya rumah malah menyediakan nasi dan lauk pauk lengkap, untuk disantap. Hari itu, sedang ada perayaan dirumah itu. Betapa perut yang lapar menjadi buas dan rakus menyantap berbagai hidangan yang disiapkan. Saya masih sempat menemani bapak pemilik rumah untuk memetik beberapa daun bakau dibelakang rumahnya, sebelum pulang.

Jika rejeki merupakan rahasia Tuhan yang tidak akan pernah salah alamat, saya sangat percaya itu. Betapa perut lapar dengan kondisi  uang pas-pasan dikantong, kemudian mendapat serangkaian pemberian yang luar biasa banyak dan nikmat. Jika tidak pernah keluar, mana pernah tau ada kebahagiaan diantara daun-daun tembakau yang melebar dan bergoyang ditiup angin. Jika tak pernah bepergian, saya mesti  tak pernah tau, ada seorang perempuan luar biasa yang berjualan dari masa mudanya, untuk kesuksesan anak-anaknya. Penuh senyum menawarkan rempeyek kacang yang ditaruh dalam bakul bambu yang mungkin saja umurnya sama tua dengan yang punya. Saya ingin cepat pulang. Memeluk Emak dirumah.

1450781400319

Rumah Adat Toraja – Sulawesi Selatan

Saya bertemu dengan banyak orang dalam perjalanan saya. Termasuk, dengan seorang lelaki seumuran, dari negeri  jiran, Malaysia. Dia seorang pendaki gunung juga. Beberapa kali naik gunung ke Indonesia, Sumatera khususnya. Dan obsesinya adalah mendaki semua gunung di Asia.

Yang paling menarik dari lelaki itu, adalah bagaimana dia berkeliling dalam penjelajahannya. Buat dia, itinerari adalah pantangan. Secara kasar, dia memang merencanakan perjalanannya dengan baik. Termasuk budjet dan metode perjalanan. Namun dibalik itu, dia tidak pernah detail  merencanakan tempat-tempat yang dia akan tuju. Biarkan itu berjalan, dan tunggu kejutan didepan sana, begitu katanya dengan bersemangat.

1450765519922

Rumah petani Perkebunan Kopi di Enrekang – Sulawesi Selatan

Di Thailand, dia  harus berdesakan naik kereta api selama satu hari satu malam lebih berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Di Timor Leste, dia bertemu dengan seorang lokal yang menawarinya tinggal dirumah petaknya yang panas tanpa kipas angin. Di Bali, dia ditipu seorang supir travel, dengan mebayar  jauh lebih mahal dan diturunkan ditengah jalan di Besakih. Dan masih banyak lagi ceritanya, yang saya dengarkan sambil sesekali kami tertawa terbahak.

Perjalanan saya ke luar negeri pertama kalipun, tidak kalah menegangkan buat saya. Singapura merpuakan negara pertama selain Indonesia yang saya kunjungi. Perjalananya, relatif tidak sulit. Karena kami sudah diatur oleh travel agen yang di bayar perusahaan untuk  mengurus segala tetek bengeknya. Perjalanan sebenarnya, justru ketika saya dan seorang kawan, melawat ke Kuala Lumpur. Perjalanan malam hari, dan tiba tengah malam di bandara Kuala Lumpur. Naik bus ke KL Central, dan menyurus lorong-lorong gelap disana. Tidak ada bayangan jam berapa akan tiba di satu tempat, dan ketegangan lain. Apakah yang menjemput kami, akan tiba tepat waktu dan sebagainya.

1415960889828

Berkejaran di Sunset Anyer – Banten

Iya. Ketegangan semacam itu, seiring berjalannya waktu, akan menjadi bahan ingatan yang kadang ditertawakan. Kenangan-kenangan yang sungguh akan diceritakan berkali-kali kepada kawan kerabat dan anak cucuk kelak. [ibm/010914]

Tagged

Leave a Reply

