Karimun Jawa – Mahalnya Transportasi ke Surga Wisata

Kapal Ke Karimun Jawa

Berkunjung ke Taman Nasional Karimun Jawa, memang menjadi sebuah kenangan tidak terlupakan untuk semua orang. Terlebih, untuk para penikmat bahari dengan segala kemolekannya. 

Pantai-pantai indah berpasir putih dengan panorama air laut yang kebiruan jernih, pulau-pulau kecil terpencil di tengah samudra, hingga terumbu karang yang elok warna warni, di kerubungi ikan-ikan yang riang gembira berkejaran diantara celah-celahnya yang menawan. Melenggak lenggok dia, membelah air laut yang jernih seperi jelly lembut.

Untuk bisa mencapai kepulauan Karimun Jawa, hanya bisa dilakukan lewat laut dan udara. Perjalanan lewat udara memang lebih cepat. Dari bandar Udara Ahmad Yani di Semarang, jarak tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja. Landasan udara Dewandaru di Kemujan – Karimun Jawa, hanya mampu dilandasi oleh pesawat-pesawat kecil . Pesawat yang berkapasitas maksimal hanya untuk 8 orang. Ongkosnya, 30 juta rupiah sekali terbang. Cukup mahal memang. Namun, bisa jadi pilihan, kalau memang ingin cepat.

Kedua, bisa menggunakan jalan laut. Dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang atau pelabuhan Kartini di Jepara. Dengan Kapal Cepat KMC Kartini, perjalanan dari Semarng ke Karimun Jawa, ditempuh dalam 3.5 jam. Sementara Jika menggunakan KM Muria, jarak tempuhnya bisa menjadi 5-6 jam. Tentu saja, harga nya pun berbeda. Dengan kapal cepat, kocek yang harus di rogoh sekitar 152 ribu rupiah sekali jalan untuk yang paling mahal, dan 110 ribu rupiah untuk kelas ekonomi. Sementara dengan kapal fery, ongkosnya 45.500 saja.

Jadwal keberangkatan kapal ke dan dari Karimun Jawa, juga tidak pasti. Cuaca menjadi penentu penting dalam transportasi laut disini. Normalnya, pemberangkatan dari Jepara, jam 7 pagi hari untuk fery, dan jam 11 untuk kapal cepat. Namun, antrilah sepagi mungkin untuk mendapatkan tiket. Dari beberapa tahun lalu, membludaknya kunjungan ke karimun jawa, membuat tiket seperti kacang goreng yang habis ludes dalam kurang dari satu jam.

Betapa Karimun Jawa sudah mulai bersolek dan menampilkan pesonanya. [ibm080814]

Advertisements
Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: