Commuter Line Jabodetabek Yang Semakin Nyaman

Kereta Api yang semakin nyaman

Kereta Api yang semakin nyaman

Semakin baik, kereta commuter Jabodetabek…

Begitu saya berpromosi kepada seorang kawan, yang belum pernah naik kereta api ekonomi, – komuter dalam hal ini – di Jakarta. Perjalanan kami, sebenarnya tidak terlalu istimewa.  Stasiun Manggarai sampai stasiun Citayam, di Depok. Yang membuat berkesan, ya karena kawan saya itu, tidak pernah naik komuter di Indonesia. Di luar negeri, sering. Karena dia, memang lama tinggal di Singapura dan Australia untuk sekolah. 

Awalnya, ketika saya menawarkan untuk naik kereta api, ada nada ragu terdengar dari ucapan, Iya dan terserahnya. Namun, saya meyakinkan dengan gaya seorang sales alat kebugaran penurun berat badan, supaya seorang ibu bisa kurus dengan cepat. Dia setuju. Dan perjalanan taksi yang sudah dipersiapkan, dipotong dengan perjalanan kereta api komuter. Kartu Flasz yang saya pinjam dari istri, saya berikan ke dia. Dan dengan hebohnya, saya menerangkan bagaimana kondisi komuter sekarang.

” Udah ga ada yang jualan kan, didalam stasiun. Udah bersih. Ada pengamanan ketat. Dan kartu ini, enggak kayak tiket single trip yang harus ngantri beli, kemudian ngantri kembalian untuk ambil uang jaminan. 5000 rupiah, buat jaminan satu kartu. Tinggal tempel aja, terus di pintu keluar stasiun tujuan tempel lagi. Simpel banget kan?” saya berapi-api. Dia manggut-manggut aja.

Ya begitulah. Akhirnya, perjalanan Jakarta-Citayam Pulang Pergi kami lewati. Ketika hujan, kereta komuter yang kami tumpangi, dibersihkan oleh petugas kebersihan yang bersiap selalu. Dan seorang penumpang yang menjemur jaketnya di tempat bagasi, juga di tegur oleh keamanan dan diminta untuk menurunkan jemuran jaketnya.

Kereta api, pada saat hari libur memang tidak terlalu penuh. Jadi nyaman ditumpangi. Namun, pada hari-hari kerja, silahkan lihat sendiri. [ibm0714]

WP_20140706_003

Kereta Api

WP_20140706_004

Petugas Kebersihan

WP_20140706_005

Penumpang

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

