Belanja Tanpa Kantong Plastik

Tanggal 3 Juli, diperingati sebagai hari tanpa plastik sedunia. Tahukah kawan, bahwa sampah paling banyak dimuka bumi ini adalah pelastik. Dan tahukah kawan, bahwa butuh lebih dari 100 tahun untuk mengurai plastik ditanah? 5kantung

Pada setiap kesempatan belanja, kami – saya dan istri- memang selalu mebiasakan diri untuk tidak memakai kantong pelastik belanjaan yang disediakan oleh supermarket atau bapak-bapak penjual cabe bawang di pasar. Kami lebih suka memakai tas kain yang kami bawa dari rumah. Umurnya memang sudah tua. Namun, masih kuat dan masih bisa dipakai.

Mulanya, beberapa kasir dan petugas di supermarket, sering kali heran ketika saya menolak untuk memakai plastik kresek yang mereka pakai. Mungkin belum terbiasa dengan polah masyarakat yang sering kali harus memisah-misah belanjaan hingga kantong  plastik bawaannya jadi banyak dan ribed.

Buat kami, alasannya tidak terlalu penting. Ketika tempe di pisah dengan botol shampo, alasannya, memisah makanan dari bahan kimia. Walaah, itu kan masih dalam kemasan. Dan jarak rumah kami ke supermarket juga tidak terlalu jauh. Tentu  baunya juga tidak akan bercampur.

Lama-kelamaan, mereka jadi maklum. Dan selalu berkata, “ mao go green ya pak?” Dan istri saya selalu menyahut, “ kebanyak plastik dirumah, gak kepake,”

Produksi sampah plastik Indonesia mencapai 5.4juta ton pertahun. Sementara di Jakarta saja, jumlah sampah yang dihasilkan lebih dari 6.000 ton perhari. Dan 13 persen diantaranya adalah sampah plastik. Artinya 780 ton perhari atau 23.400 ton sebulan atau 284.700 ton setahun. Luar biasa banyak bukan? ( antara 4-02-14)

Tidak hanya sampahnya yang menjadi masalah. Dampak lingkungan yang ditimbulkan dari sampah plastik dan sampah lainnya pun tentu saja sangat besar. Tata kelola sampah yang masih belum optimal, membuat tumpukan sampah di banyak tempat menjadi memprihatinkan. Laut salah satu yang tercemar dengan parah.

Langkah mudah yang bisa diambil untuk menanggulangi sampah plastik adalah dengan mengurangi penggunaanya. Caranya, mungkin dari hal yang paling mudah. Membawa kantong belanjaan sendiri yang bisa dipakai berkali-kali, jika berbelanja. Mari memulai dari dirisendiri. Mari memulai dari yang kecil. ( ibm/30714)

Advertisements
Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: