Trotoar (Bukan) Untuk Pejalan Kaki

Ketika moda transportasi di Jakarta sudah tidak bisa diandalkan, apakah jalan kaki menjadi solusi untuk bisa lebih aman?

20130724_motor-jalan-di-trotoar_5102   trotoar-beffy

Belum tentu. Rasanya, menjadi pejalan kaki di Jakarta, sama tidak amannya dengan naik angkutan umum yang ugal-ugalan. Sedih betul rasanya menyaksikan trotoar jalanan di ibukota yang peruntukannya berubah. Hak pejalan kakinya, direnggut paksa. 

Ibukota Jakarta, dengan segala pesonanya, juga menyimpan banyak geram dihati para penghuninya. Trotoar salah satunya. Betapa, jalanan yang hanya tinggal secuil ini, dan diperuntukkan bagi pejalan kaki pun, tak ayal diserobot oleh pihak lain. Pengendara sepeda motor yang seenaknya naik untuk menghindari kemacetan, pedagang kaki lima yang mengambil lebih dari separuh lintasan, pangkalan ojek, sampai projek abadi membenarkan kabel-kabel bawah tanah yang seperti tidak pernah usai.

Dari warta yang dilansir beritajakarta.com, seharusnya ada 3.517KM trotoar Jakarta yang akan diperbaiki. Lokasinya, antara lain  trotoar di Jl KH Mas Mansyur, Jl Salemba, Jl Wahid Hasyim, Jl Abdul Muis, Jl Kebon Sirih dan Jl Pangeran Jayakarta. “Totalnya ada sekitar 3,517 kilometer dengan rincian Jl KH Mas Mansyur sepanjang 380 meter, Jl Salemba sepanjang 790 meter, Jl Wahid Hasyim sepanjang 327 meter, Jl Abdul Muis sepanjang 1.300 meter, Jl Kebon Sirih sepanjang 240 meter dan Jl Pangeran Jayakarta untuk median tengah jalan sepanjang 480 meter, begitu ungkap Kepala Suku Dinas Pertamanan DKI Jakarta, sebagai bagian dari program penambahan Ruang Terbuka Hijau di Jakarta, imbuhnya.

bangkutrotoar

Namun, silahkan lihat sendiri, photo yang di lansir kompas.com oleh pewarta photo Vitalis Yogi Trisna | http://foto.kompas.com/photo/detail/2014/02/24/66789165314161393174842/ini-trotoar-jakarta-bung- betapa trotoar jakarta menjadi tempat yang sangat tidak nyaman untuk para pejalan kaki. Dalam photo-photo itu, digambarkan kondisi trotoar yang beralih fungsi menjadi lokasi kios pedagang kaki lima, dipagar dan tak bisa dilewati karena ada perbaikan pipa gas bumi, jalanan para pemotor, hingga dipakai sebagai parkir mobil. Belum lagi, lubang-lubang menganga dan minim penerangan di malam  hari yang bisa menelan siapa saja yang tidak hati-hati.

Pemerintah DKI Jakarta, rupanya mati-matian berusaha membuat trotoar dijalanan ibukota makin cantik. Hingga tidak tanggung-tanggung untuk memasang 340buah kursi taman disepanjang trotoar jalan Jendral Sudirman, Jalan MH Thamrin, sampai ke Jalan Medan Merdeka. Meski, dari dari pemberitaan media, ada lebih dari 12 kursi itu, yang kehilangan kakinya, hingga tidak bisa diduduki, karena dicuri.

Permasalahannya, tidak berhenti hanya disana. Kerap kali, trotoar jakarta menjadi tempat paling jorok. Tumpukan sampah, hampir bisa ditemui disepanjang jalan. Dari pemberitaan tribunnews.com beberapa waktu lalu, tumpukan sampah menggunung di trotoar jalan KS Tubun ke arah Tanah Abang. Coba tengok, trotoar Jalan Jendral Sudirman, dari depan Kampus Atma Jaya hingga ke Dukuh Atas. Sampah juga banyak berserakan disana, karena ulah para pedagang kaki lima, dan para pejalan sendiri, yang membuang sampah sembarangan.

Proyek perbaikan Trotoar jakarta, memang bukan main-main. Disebutkan beritajakarta.com Perbaikan 20 trotoar di Jakarta Barat saja, dianggarkan Rp.29 miliar. Pemerintah bukannya tidak tahu untuk menyamankan warganya, namun nampaknya memang perlu ekstra keras untuk bisa membuat trotoar Jakarta menjadi tempat aman bagi para pejalan kaki.

Semoga saja, diusia Jakarta yang semakin tua ini. Pemerintah akan terus berusaha untuk membuat fasilitas nyaman bagi warganya. (ibm-260614)

trotoar3

Link terkait: http://m.dephub.go.id/read/berita/badan-penelitian-dan-pengembangan/diskusi-litbang-kondisi-trotoar-saat-ini-sudah-tidak-nyaman-dilalui-pejalan-kaki-15152

189434_trotoar-rusak-di-sudirman_663_382

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: