Mari Ke Pasar

Sayuran Segar

Berapa lama sudah tidak ke pasar tradisional?

Banyak nya mall atau pusat perbelanjaan di Jakarta, sering kali membuat belanja ke pasar tradisional berasa sangat tidak menyenangkan. Bayangan tentang pasar yang becek, pengap, dan penuh dengan orang-orang yang berseliweran, kadang memupus keinginan untuk menjelajah tempat asal muasal mall berdiri. Tempat dimana sistem jual beli paling klasik dilakukan setelah barter. 

Sayur Mayur & Pedagangnya

Saya memang bukan orang yang rajin  ke pasar tradisional. AC di mall lebih menarik perhatian saya. Ditambah, karena tidak bisa menawar. Yah, inilah hal yang membedakan dengan supermarket atau mall. Disana harganya sudah fix. Dengan price tag  yang dipajang memudahkan calon pembeli menaksir sendiri barang yang akan dibelinya. Uang cukup, bayar. Namun jika tidak mampu, akan mencari barang yang sesuai dengan budget.

Ikan Asin

kebiasaan dipasar tradisional, yang ternyata cukup mengasikkan adalah tawar menawar. Istri saya, beberapa kali menawar untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Sayuran, terutama. Ketika penjualnya menawarkan harga Rp. 5.000, untuk seikat bayam, sontak saja dia menawar menjadi setengahnya. Meski kesepakatan terjadi di harga Rp. 4.000, rasanya cukup puas. Tidak karena mendapatkan harga murah, namun karena proses negosiasi dan ngobrol nya.  Tentu saja, itu bukan kejadian sebenarnya, ilustrasi saja. Begitulah kira-kira kejadiannya.

Menawar tempe

Cobalah sekali-kali ke pasar tradisional. Bandingkan dengan yang ada di supermarket. Beberapa, harganya memang lebih mahal. Namun, yang lain jauh lebih murah.

Selamat berbelanja. (ibm/220614)

NUnggu PembeliPenjual Tape

Advertisements
Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: